Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep, Unsur, Prinsip Seni Rupa 2 Dua Dimensi - Menganalisis, Bahan Dan Tekniknya

MENGANALISIS, KONSEP, UNSUR, PRINSIP, BAHAN DAN TEKNIK BERKARYA SENI RUPA DUA 2 DIMENSI

Pengertian analisis dalam konteks apresiasi adalah pengkajian yang cermat terhadap karya seni rupa untuk mengetahui keberadaan karya yang sebenarnya. Penelaahan secara mendalam dilakukan dengan cara menguraikan masalah pokok dengan bagian-bagian karya seni, termasuk hubungan antar bagian dengan keseluruhan, sehinggga kita memperoleh kesimpulan yang tepat ketika mengkaji karya seni rupa. Mari kita amati dengan saksama karya seni patung pada Gambar 2.1, kemudian kita tulis hasil pengamatan tersebut pada lembar observasi yang telah disediakan.

Konsep, Unsur, Prinsip Seni Rupa Dua Dimensi |Menganalisis, Bahan Dan Tekniknya
Gambar 2.1 |Sumber: With Henry Moore, The Artist at Work, Times Books.A. Konsep Seni Rupa Dua Dimensi

A. Konsep Seni Rupa Dua Dimensi


Dalam menganalisis karya seni rupa aspek konsep berkaitan dengan aktivitas pengamatan karya seni untuk menemukan sumber inspirasi, interes seni, interes bentuk, penerapan prinsip estetik, dan pengkajian aspek visual, seperti struktur rupa, komposisi, dan gaya pribadi.

Konsep, Unsur, Prinsip Seni Rupa Dua Dimensi |Menganalisis, Bahan Dan Tekniknya
Konsep, Unsur, Prinsip Seni Rupa Dua Dimensi |Menganalisis, Bahan Dan Tekniknya

B. Unsur Seni Rupa Dua Dimensi

Sementara, ketika menganalisis unsur rupa kita mengkaji kualitas penggunaan garis, warna, ruang, tekstur dan penyajian bentuk dalam karya seni rupa murni, desain dan kriya.

C. Prinsip / Aspek Seni Rupa Dua Dimensi

Selanjutnya prinsip estetik kita analisis dengan mengkaji aspek:

  1. keselarasan (harmony),
  2. kesebandingan (proportion),
  3. irama (rythme),
  4. keseimbangan (balance), dan
  5. penekanan (emphasis) dalam karya seni rupa.

Termasuk kaitannya dengan prinsip estetik yang dianut perupa, misalnya kita perlu menetapkan apakah perupa menggunakan pendekatan estetika pramodern, estetika modern, atau estetika posmodern.

D. Bahan Seni Rupa Dua Dimensi

Gagasan seni memerlukan penggunaan bahan baku seni tertentu. Setiap bahan memerlukan pengolahan dan penggunaan alat dan teknik yang sesuai dan serasi. Misalnya patung yang dipersiapkan sebagai elemen estetik sebuah taman, tidak akan menggunakan bahan kayu dengan teknik pahat, tetapi menggunakan bahan perunggu dengan teknik cor, karena bahan inilah yang tahan terhadap perubahan cuaca.

E. Teknik Seni Rupa Dua Dimensi

Analisis teknik adalah tahapan penting dalam penilaian seni, karena informasi tersebut merupakan bukti proses pembuatan karya seni untuk menafsirkan nilainya.

Konsep, Unsur, Prinsip Seni Rupa Dua Dimensi |Menganalisis, Bahan Dan Tekniknya

Terkait Mapel Seni dan Budaya K13 Kelas 11

Dibawah ini adalah kumpulan link materi pendidikan "Seni dan Budaya" yang sudah disusun per jenjang, Ex : Kelas 10, 11, dan 12 sesuaikan nama penyebutan yang berlaku ditempat anda belajar.

Kemudian anda dapat mengklik link tersebut sesuai dengan topik yang ingin dibaca dan dipelajari. Jika terdapat kesalahah penulisan dan penyusunannya, Anda dapat memberitahu kami via email lewat menu Contact yang sudah tersedia pada bagian akhir halaman ini, kami akan memperbaikinya sesegera mungkin.

Seni dan Budaya Kelas 11

Sekian sampai disini tentang Konsep, Unsur, Prinsip Seni Rupa 2 (Dua Dimensi) |Menganalisis, Bahan Dan Tekniknya, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Konsep, Unsur, Prinsip Seni Rupa 2 Dua Dimensi - Menganalisis, Bahan Dan Tekniknya"